Halaman

Instrumen Musik Karawitan

Author: Nmne / Label:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBSIGvp3hsSt8n5QdOtWAuxyqw6PxbwvTLBqch3GoDrj1yfnrayzKMw40jtqQ7D287ZXWbq1miWOCUOkHQ_d4dHvS7MS_FeMaKmS5GXFA9BSpBQOASEKbDaqQC3vsali7AgjnsxXRFU3mt/s1600/gamelan2.png

Temen-temen ada yang pernah ngedengerin musik karawitan nggak? Karawitan cocok buat didengerin di waktu santai. Bahkan, musik ini bisa membuat hati menjadi tenang hehehe...Penasaran nggak sama alat-alat yang menghasilkan komposisi kayak gitu?? Ternyata musik karawitan dihasilkan dari perpaduan instrumen gamelan Jawa. Berikut ini adalah jenis-jenis instrumen gamelan Jawa yang biasa digunakan, antara lain adalah :
  1. Bonang, terdiri dari bonang Barung dan bonang Penerus yang terbuat dari logam. Bonang dapat dipakai dalam segala macam gendhing, baik dalam irama keras atau cepat maupun halus atau pelan. Fungsinya adalah sebagai penghias lagu pokok dan pembuka gendhing.
  2. Slenthem, bentuknya seperti gender tetapi ukuran bilahnya lebih besar dan terdiri dari 7 bilah. Fungsinya adalah sebagai pembawa lagu pokok (pamangku lagu)
  3. Saron, termasuk alat tetabuhan keras yang terbuat dari logam. Berupa bilahan-bilahan perunggu yang disusun berderet di atas kotak kayu sebagai wadah gema. Saron terdiri dari Saron Demung, Saron Barung, dan Saron Penerus. Fungsinya adalah sebagai pembawa lagu pokok dengan intensitas tetabuhan yang lebih keras.
  4. Kendang, berbentuk seperti tabung dan terbuat dari kayu dengan tutup tabung dari kulit binatang. Fungsi utamanya adalah sebagai pengendali baik irama, jalannya gendhing, ataupun dinamika.
  5. Kenong, berbentuk canang seperti bonang tetapi lebih besar. Fungsinya adlah untuk memainkan irama dasar dan memberikan tekanan pada seleh lagu.
  6. Kethuk, bentuknya seperti bonang dan biasanya berdampingan dengan alat yang disebut kempyang. Fungsinya untuk memainkan irama dasar dengan bunyi selang-seling antara kempyang-kethuk-kempul-kenong dan gong.
  7. Kempul, mempunyai ukuran yang agak besar dibandingkan lainnya. Biasanya digantung pada gawangan yang terbuat dari kayu yang bernama Gayor. Fungsinya sebagai penguat lagu pokok selain sebagai patokan gendhing.
  8. Gong, instrumen yang mempunyai ukuran paling besar. Bentuk dan cara meletakkannya sama seperti kempul. Fungsinya sebagai penguat akhir lagu, batas-batas lagu, dan penguat rasa seleh lagu atau gendhing.

0 komentar:

Posting Komentar

This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates