Halaman

Apa itu Karawitan???

Author: Nmne / Label:

Teman - teman, dalam kesenian Jawa kita sering mendengar istilah "karawitan", apakah itu??
Nah, berikut ini kami akan mengulas beberapa pengertian karawitan dari beberapa sumber....

Menurut KRA Haryono Hadiningrat (Prof Dr. Timbul Haryono, MSc), serorang arkeolog yang tinggal di Prambanan (tulisan ini pernah dimuat di Majalah Sasmita edisi I tahun 2007;

Istilah “karawitan” yang digunakan untuk merujuk pada kesenian gamelan banyak dipakai oleh kalangan masyarakat Jawa. Istilah tersebut mengalami perkembangan penggunaan maupun pemaknaannya. Banyak orang memaknai “karawitan" berangkat dari kata dasar “rawit” yang berarti kecil, halus atau rumit. Konon, di lingkungan kraton Surakarta, istilah karawitan pernah juga digunakan sebagai payung dari beberapa cabang kesenian seperti: tatah¬ sungging, ukir, tari, hingga pedhalangan (Supanggah, 2002:5¬6).

Dalam pengertian yang sempit istilah karawitan dipakai untuk menyebut suatu jenis seni suara atau musik yang mengandung salah satu atau kedua unsur berikut (Supanggah, 2002:12):
(1) menggunakan alat musik gamelan - sebagian atau seluruhnya baik berlaras slendro atau pelog - sebagian atau semuanya.
(2) menggunakan laras (tangga nada slendro) dan / atau pelog baik instrumental gamelan atau non-gamelan maupun vocal atau carnpuran dari keduanya.

http://clubbing.kapanlagi.com/showthread.php?t=15400


Menurut Dr. Purwadi, M. Hum dan Drs. Afendy Widayat dalam bukunya yang berjudul Seni Karawitan Jawa. Ungkapan Keindahan dalam Musik Gamelan: Gamelan Jawa merupakan seperangkat instrumen sebagai pernyataan musikal yang sering disebut dengan istilah karawitan. Karawitan adalah seni suara yang menggunakan laras slendro dan pelog baik suara manusia atau suara instrumen gamelan. Seni gamelan Jawa mengandung nilai-nilai historis dan filosofis bagi bangsa Indonesia. Bagi masyarakat Jawa gamelan mempunyai fungsi estetika yang berkaitan dengan nilai-nilai sosial, moral dan spiritual.



Dalam blognya, Rudy Prattama menuliskan pengertian tentang karawitan yang diringkas dari buku Bothekan Karawitan I yang ditulis oleh Rahayu Supanggah:

Penggunaan istilah gamelan dan karawitan sudah mulai sama dengan yang diberlakukan di Indonesia, terutama oleh para praktisi maupun para akademisi yang telah berhubungan lebih jauh atau akrab dengan dunia musik gamelan, dunia karawitan.

Kata nggamel (dalam bahasa Jawa) dapat berarti memukul. Itulah kemungkinannya mengapa gamelan dianggap sebagai satu perangkat musik pukul atau perkusi (ansambel atau orkes, yang nama dan jenisnya tergantung dari jenis, jumlah atau komposisi ricikan-ricikan yang digunakan serta fungsinya di masyarakat), walau pada kenyataannya perangkat gamelan juga melibatkan alat-alat musik non perkusi.

http://blog.isi-dps.ac.id/rudyprattama/istilah-karawitan/


Jadi, dapat disimpulkan bahwa karawitan adalah keterampilan dan kehalusan rasa yang diwujudkan dalam seni gamelan.








0 komentar:

Posting Komentar

This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates